Radiologi

Radiologi adalah cabang atau spesialisasi kedokteran yang berhubungan dengan studi dan penerapan berbagai teknologi pencitraan untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit. Pencitraan dapat menggunakan sinar-X, USG, CT-scan, tomografi emisi positron (PET) dan MRI. Pencitraan tersebut menciptakan gambar dari konfigurasi dalam dari sebuah objek padat, seperti bagian tubuh manusia, dengan menggunakan energi radiasi. Radiologi juga kadang-kadang disebut radioskopi atau radiologi klinis. Radiologi intervensi adalah prosedur medis dengan bimbingan teknologi pencitraan.

Pencitraan medis dilakukan oleh ahli radiografi/radiografer/penata rontgen. Seorang radiolog (dokter spesialis radiologi) kemudian membaca atau menginterpretasikan gambar untuk menentukan cedera, menentukan seberapa serius cedera tersebut atau membantu mendeteksi kelainan seperti tumor. Itulah sebabnya mengapa pasien seringkali harus menunggu untuk mendapatkan hasil “resmi” sinar-X atau gambar lainnya bahkan setelah dokter utamanya telah mengkajinya.

Pelayanan Radiologi RS St. Elisabeth mempunyai tujuan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan: Sistem gastro intestinalis dan hepatobiliaris, Sistem urogenital, Sistem respiratorius, Sistem reproduksi, Organ superfisial (Mammae, thyroid, parotis dll), Muskuloskeletal, Sistem limpatik, Sistem saraf dan Sistem kardiovaskuler dengan profesional yang dikembangkan secara berkesinambungan agar tercapai diagnosa klinik yang diharapkan dengan memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penderita.

dimatikan sintak diaktifkan lagi
  • Fasilitas Peralatan Radiologi yang tersedia di RS St. Elisabeth Semarang:
  • » MRI 1.5 Tesla
    » USG
    » Doppler
    » MSCT 16 Sli
    » BMD
    » Digital X-ray
    » Digital Flouroskopi
    » Mammografi
    » Panoramic
    » Cephalometri
    » Computer Radiografi (CR)
    » CHT

    MRI:
    Magnetic resonance imaging (MRI) adalah suatu pemeriksaan medis noninvasif dengan menggunakan medan magnet yang sangat kuat & radio frequency yang diolah oleh komputer untuk menghasilkan gambaran organ tubuh secara detail. Gambaran organ tubuh yang dihasilkan akan membantu dokter untuk menegakkan diagnosa dengan akurat dan memberikan pengobatan yang tepat. RS St. Elisabeth Semarang menggunakan mesin MRI 1.5T yang termasuk golongan high tesla, sehingga gambar yang dihasilkan lebih jelas dan tajam dengan waktu pemeriksaan yang lebih cepat.

    Mammografi:
    Mammografi adalah proses pemeriksaan payudara manusia menggunakan sinar-X dosis rendah (umumnya berkisar 0,7 mSv). Mammografi digunakan untuk melihat beberapa tipe tumor dan kista, dan telah terbukti dapat mengurangi mortalitas akibat kanker payudara. Selain mammografi, pemeriksaan payudara sendiri dan pemeriksaan oleh dokter secara teratur merupakan cara yang efektif untuk menjaga kesehatan payudara. Beberapa negara telah menyarankan mammografi rutin (1-5 tahun sekali) bagi perempuan yang telah melewati paruh baya sebagai metode screening untuk mendiagnosa kanker payudara sedini mungkin.

    Bone Mineral Densitometry (BMD)
    Pemeriksaan radiologi BMD ini dikhususkan untuk medeteksi kadar mineral dalam tulang, nilai ambang fraktur dan kelainan densitas tulang secara setempat atau menyeluruh.

    Ultrasonography (USG)
    Pemeriksaan USG adalah pemeriksaan dengan metode pemantulan gelombang suara berfrekuensi tinggi (ultrasound). Pemeriksaan ini digunakan untuk melihat beberapa kelainan di organ tubuh seperti hati, ginjal, pankreas, empedu, organ reproduksi, payudara, tiroid, dll.

    Colon Hydrotheraphy (CHT)
    CHT merupakan teknik membersihkan usus besar dengan alat khusus dan menggunakan air yang disterilkan dan ’hydro kit’ yang ’disposible’. Digunakan pada persiapan tindakan diagnosis penyakit-penyakit saluran cerna bagian bawah serta untuk terapetik.


    Jadwal Praktek Dokter Radiologi
    No.NamaHariJamPelayanan
    1.dr. Iris Septiana, Sp RadSenin, Rabu, Jumat07.00-14.30Konvensional, USG, MSCT
    Selasa, Kamis, Sabtu07.00-14.30
    07.00-20.00
    Konvensional, USG, MRI
    2.dr. Monica Aditjondro, Sp RadSenin, Rabu, Jumat07.00-14.30
    07.00-20.00
    Konvensional, USG, MRI
    Selasa, Kamis, Sabtu07.00-14.30Konvensional, USG, MSCT
    3.dr. Mardiana W, Sp RadRabu, Kamis14.30-20.30Konvensional, USG, MSCT
    4.dr. Boyanto W, Sp RadSenin, Selasa14.30-20.30Konvensional, USG, MSCT
    5.dr. Nawangsih W, Sp RadJumat14.30-20.30Konvensional, USG, MSCT

    Untuk keterangan lebih lanjut Hubungi di (024) 8310035 ext. 7217 atau ext. 7777
    untuk tampilan yang optimal, gunakan resolusi 1280 x 800