Cara Menjaga Pencernaan Tetap Sehat
Oleh : Florentinus Nurtitus,SSiT pada 2017-09-17 22:21:51

Gangguan pencernaan merupakan masalah kesehatan yang paling banyak dialami masyarakat. Akibat kerja usus dalam menyerap asupan yang dikonsumsi tubuh setiap harinya, maka berbagai gangguan pencernaan bisa terjadi mulai dari perut kembung, berisi banyak gas, maag (gastritis), diare, sembelit (konstipasi), muntah-muntah, hingga berkembang menjadi hal yang lebih serius misalnya pendarahan saluran pencernaan, kanker usus dan lain sebagainya.


Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga sistem pencernaan tubuh agar tetap sehat :

1. Makan perlahan dan mengunyah makanan secara benar. Tidak terburu-buru menelan makanan karena mengunyah dengan benar bisa membantu tugas usus dalam mencerna dan menyerap makanan

2. Konsumsi makanan banyak serat, termasuk biji-bijian,kacang-kacangan, berbagai jenis sayuran dan buah (lebih baik dikonsumsi bersama kulitnya), minimal 25-30 gram per hari

3. Konsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering sehingga tidak terlalu membebani usus

4. Minum air putih, jus atau sup dalam jumlah cukup karena akan mengurangi gangguan sembelit

5. Kurangi stress fisik dan psikis misalnya dengan meditasi, yoga, refreshing, karena dapat memperburuk gangguan maag, wasir, diare, dan lainnya.

6. Hindari asap rokok dan konsumsi alkohol karena bisa memperburuk gangguan pencernaan

7. Batasi asupan garam, gula, tepung terigu, karena konsumsi berlebihan menjadi salah satu faktor penyebab berbagai gangguan pencernaan.

8. Bersihkan sayuran dengan baik sebelum dimasak dan dimakan. Usahakan untuk membersihkan secara menyeluruh sayuran dan buah-buahan sebelum dimakan untuk menghindari kuman yang bisa memiliki dampak langsung pada lapisan lambung.

untuk tampilan yang optimal, gunakan resolusi 1280 x 800