Follow us:

Layanan Emergensi

(024) 8502244

Layanan Pelanggan

(024) 8310076 / (024) 8310035

Whatsapp

0812 6773 557

Email

sekretariat@365.rs-elisabeth.com

PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL KE 64 DI RUMAH SAKIT ST. ELISABETH SEMARANG

2024-02-25 12:54

 

Hari GIzi Nasional menjadi momentum penting untuk mengajak semua pihak, mulai dari individu, keluarga, hingga lembaga pemerintah, untuk bersama-sama mengatasi masalah gizi di Indonesia. Pada peringatan Hari Gizi Nasional ke-64 Tahun 2024. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengusung tema "MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting" dengan slogan "MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas".
 

Kondisi gizi saat ini stunting masih menjadi masalah serius di Indonesia. Angka stunting menurut SSGI turun dari 24.4% di tahun 2021 menjadi 21.6% di Tahun 2022 sedangkan target di tahun 2024 adalah 14%. Perlu diperhatikan bahwa pada pemberian MP-ASI, bayi tetap terus diberikan ASI. Saat mulai pemberian MP-ASI dianjurkan sedini mungkin memberikan protein hewani dalam jumlah yang cukup. Protein hewani mengandung asam amino esensial lebih lengkap bagi tubuh daripada sumber protein nabati. Semakin tinggi dan baik kualitas protein yang dikonsumsi maka semakin tinggi juga kadar insulin sebagai mediator pembentukan matriks tulang. Apabila anak mengonsumsi protein hewani lebih banyak akan cenderung memiliki potensi pertumbuhan lebih baik dibanding tidak mengonsumsi makanan sumebr protein hewani. Sumber protein hewani dapat diperoleh dari daging sapi, daging ayam, hati sapi, berbagai jenis ikan, telur, dan susu.

Persoalan kesehatan dan gizi tidak dapat diselesaikan oleh bidang kesehatan saja, namun perlu dukungan dan kontribusi lintas program, lintas sektor, profesi dan semua mitra pembangunan. Peringatan HGN tahun 2024 menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi dengan mengangkat tema "MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting"
Untuk meningkatkan pengetahuan dan memberikan contoh MP-ASI kaya protein hewani maka pada peringatan Hari Gizi Nasional ke 64 tanggal 25 Januari 2024 Instalasi Gizi RS ST. Elisabeth memberikan ekstra snack tinggi protein hewani kepada pasien rawat inap anak-anak di ruang Theresia dan ibu hamil/ menyusui di ruang Anna.
Snack yang kami berikan adalah Chessy Baked Potatoes dimana pembuatannya memberdayakan pangan local yaitu kentang dan ayam dengan tambahan keju parut di atasnya. Untuk 1 porsi snack yang kami sajikan mengandung nilai gizi Energi : 120 kkal, Protein 6.5 gr, Lemak : 5,2 gr dan Karbohidrat : 11.5 gr.
Dengan memberikan contoh MP-ASI kaya protein hewani diharapkan bisa menambah pengetahuan orang tua dalam pemilihan makanan yang akan diberikan kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.